Profile Singkat
SMK YANISBA
BOARDING SCHOOL
A.
Abstraksi
Nama Sekolah :
SMK YANISBA BOARDING SCHOOL
Nomor Izin Pendirian :
Nomor Statistik Sekolah :
Nomor Identitas Sekolah :
Nomor Pokok Sekolah Nasional :
Nomor Izin Memimpin :
Program Keahlian/jurusan : TIK/Teknik Komputer dan
Jaringan
Kesehatan / Farmasi
Lokasi Sekolah :
Kubang Bahad, Pontang, Serang Banten
Kontak
Informasi :
087771338367 / 081389246478
Jumlah Siswa :
B.Tujuan SMK
Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
C. Visi :
Menjadikan Insan yang mandiri, Cerdas, Unggul, dan berkualitas berlandaskan IMTAQ dan IPTEK serta menghasilkan insan yang mampu bersaing ditingkat nasional dan global ditahun 2020
D. Misi:
Mendidik generasi Taqwa, Mandiri, Cerdas & Unggul mengembangkan sistem pendidikan unggul & terpadu yang relavan dengan perkembangan zaman mendorong pemerataan hak dalam pendidikan bagi seluruh lapisan ekonomi masyarakat.
E. Tujuan SMK YANISBA
BOARDINGSCHOOL
1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi
manusia produktif, mampubekerja mandiri,
mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha /Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan
kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
2. Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan
sikap professional
dalam bidang keahlian yang diminatinya.
3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan
diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
F. Strategi SMK Yanisba Boarding School :
Jalinan kebersaamaan dan musyawarah sebagai sarana melakukan aktivitas,
memadukan keanekaragaman ide serta gagasan, cepat dan cermat dalam bertindak
diawali dengan perencanaan yang matang dan terarah dengan mengarah kepada:
- Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas,
sejalan dengan tuntutan kebutuhan pasar kerja (DU/DI)
- Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana yang
dibutuhkan sesuai tuntutan program diklat, untuk mendukung terlaksananya
pembelajaran.
- Mengupayakan
tenaga pengajar yang berkualitas sesuai dengan program keahlian yang
dibuka
- Mengadakan
kerjasama dengan dunia usaha (DU) dan dunia industri (DI) serta lembaga
terkait lainnya dalam rangka pengembangan pelaksanaan program pendidikan
dan pelatihan.
- Melaksanakan pembelajaran dan pelatihan yang
berbasis kompetensi.
- Menanamkan sikap profesionalisme yang dilandasi iman
dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Meningkatkan Pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler
yang dapat menunjang kemampuan siswa untuk dapat bersaing di Pasar kerja,
baik Nasional maupun Internasional
G.
Target SMK Yanisba Boarding School :
Dengan dilandasi iman dan taqwa berusaha menghasilkan generasi penerus yang
handal, tangguh, memiliki kemampuan yang tinggi (wawasan keagamaan dan umum)
dalam menghadapi era globalisasi dan era informasi.
H. Kurikulum Dan Program
Keahlian SMK Yanisba Boarding School
Sesuai prinsip Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan pada umumnya, KTSP SMK dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip
berikut:
1.
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan
peserta didik dan lingkungannya
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta
didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan
peserta didik serta tuntutan lingkungan. Peserta didik memiliki posisi sentral,
berarti segala kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
2. Beragam dan terpadu
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik,
kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak
diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status
sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib
kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun
dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni
Kurikulum
dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum
harus memberikan kegiatan pembelajaran peserta didik untuk mengikuti dan
memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum
dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk
menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya
kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Oleh karena
itu, upaya pengembangan kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik
dan kecakapan vokasional merupakan keniscayaan.
5.
Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup
keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang
direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang
pendidikan.
6. Belajar
sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses
pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung
sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur
pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan
tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia
seutuhnya.
7. Seimbang antara
kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan
memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan
kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto
Bhinneka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
- Berusaha
mewujudkan lembaga pendidikan dan latihan yang berkwalitas
dengan acuan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yang diawali
dengan mengupayakan agar sekolah dapat memenuhi Delapan Standar Nasional
Pendidikan
- Mempersiapkan
peserta didik agar menjadi sumber daya manusia yang profesional, mempunyai
kemampuan untuk mandiri dan mampu mengisi formasi yang ada pada
dunia usaha/ dunia industri/ pemerintah sebagai tenaga kerja tingkat
menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahliannya.
- Membekali
peserta didik agar mempunyai kedisiplinan, keuletan dan kegigihan
dalam beradaptasi dan berkompetisi pada dunia kerja sesuai dengan bidang
keahlian yang diminatinya.
- Membekali
peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya dan seni
agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun
melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
I. Tujuan
Program Keahlian Farmasi dan Teknik Komputer & Jaringan
A.Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK Yanisba
Boarding School bertujuan untuk :
1.
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung Jawab
3.Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki
wawasan
pengetahuan dan seni
4. Mendidik
peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan
dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau
mengisi pekerjaan
yang ada di DUDI
sebagai tenaga kerja
tingkat menengah.
5. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan
mengembangkan sikap
professional dalam program
keahlian Teknik
Komputer dan
Jaringan.
6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
B.Program Keahlian Farmasi pada SMK Yanisba
Boarding School bertujuan untuk :
1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan
dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau
mengisi pekerjaan
yang ada di DUDI
sebagai tenaga kerja
tingkat menengah.
2.
Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan
mengembangkan sikap
professional dalam program
keahlian farmasi.
3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan
kefarmasian
sebagai
bekal siswa dalam memenuhi tuntutan kerja kefarmasian
J. Program
Boarding School (Pondok Pesantren Al-Birru)
Untuk mengoptimalkan transformasi keilmuan (Agama dan
Umum), Siswa SMK Yanisba BS wajib mengikuti program Asrama/Pesantren (mondok) di
dalam lingkungan sekolah yang langsung dibimbing oleh tenaga pengasuh khusus
kepesantrenan. Program tersebut diselenggarakan di luar jam belajar SMK,
sehingga siswa dapat leluasa menimba ilmu keagamaan dari para asatidz. Adapun
program boarding ini bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten serang dan
Provinsi Banten, dan kita namakan Pesantren
Al-Birru.
0 komentar:
Posting Komentar