Sabtu, 02 Maret 2013

Profil Singkat (Belum diperbaharui)


Profile Singkat
SMK YANISBA BOARDING SCHOOL

A.   Abstraksi

Nama Sekolah                          : SMK YANISBA BOARDING SCHOOL
Nomor Izin Pendirian                :
Nomor Statistik Sekolah            :
Nomor Identitas Sekolah           :
Nomor Pokok Sekolah Nasional  :
Nomor Izin Memimpin               :
Program Keahlian/jurusan          : TIK/Teknik Komputer dan Jaringan
                                                 Kesehatan / Farmasi
Lokasi Sekolah                          : Kubang Bahad, Pontang, Serang Banten
Kontak Informasi                       : 087771338367 / 081389246478
Jumlah Siswa                            : 

B.Tujuan SMK
Tujuan  Pendidikan  Menengah  Kejuruan  adalah  meningkatkan  kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak   mulia,   serta   ketrampilan   untuk  hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

C. Visi :
          Menjadikan Insan yang mandiri, Cerdas, Unggul, dan berkualitas berlandaskan IMTAQ dan IPTEK serta menghasilkan insan yang mampu bersaing ditingkat nasional dan global ditahun 2020
D. Misi:  
 Mendidik generasi Taqwa, Mandiri, Cerdas & Unggul mengembangkan  sistem pendidikan unggul & terpadu yang relavan dengan perkembangan zaman mendorong pemerataan hak dalam pendidikan bagi seluruh lapisan ekonomi masyarakat.
E. Tujuan SMK YANISBA BOARDINGSCHOOL
1.  Mempersiapkan  peserta   didik   agar   menjadi   manusia   produktif,  mampubekerja  mandiri, mengisi lowongan   pekerjaan   yang ada   di  Dunia  Usaha /Dunia   Industri sebagai  tenaga kerja tingkat  menengah, sesuai dengan kompetensi dalam  program keahlian pilihannya.
2.  Membekali  peserta didik agar  mampu memilih karir, ulet  dan gigih  dalam berkompetensi, beradaptasi   dilingkungan   kerja    dan   mengembangkan sikap  professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
3.  Membekali  peserta  didik  dengan  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni agar   mampu  mengembangkan diri  dikemudian   hari  baik  secara  mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

F. Strategi SMK Yanisba Boarding School :
Jalinan kebersaamaan dan musyawarah sebagai sarana melakukan aktivitas, memadukan keanekaragaman ide serta gagasan, cepat dan cermat dalam bertindak diawali dengan perencanaan yang matang dan terarah dengan mengarah kepada:
  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas, sejalan dengan tuntutan kebutuhan pasar kerja (DU/DI)
  2. Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai tuntutan program diklat, untuk mendukung terlaksananya pembelajaran.
  3. Mengupayakan tenaga pengajar yang berkualitas sesuai dengan program keahlian yang dibuka
  4. Mengadakan kerjasama dengan dunia usaha (DU) dan dunia industri (DI) serta lembaga terkait lainnya dalam rangka pengembangan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan.
  5. Melaksanakan pembelajaran dan pelatihan yang berbasis kompetensi.
  6. Menanamkan sikap profesionalisme yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  7. Meningkatkan Pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler yang dapat menunjang kemampuan siswa untuk dapat bersaing di Pasar kerja, baik Nasional maupun Internasional
G. Target SMK Yanisba Boarding School :
Dengan dilandasi iman dan taqwa berusaha menghasilkan generasi penerus yang handal, tangguh, memiliki kemampuan yang tinggi (wawasan keagamaan dan umum) dalam menghadapi era globalisasi dan era informasi.

H. Kurikulum Dan Program Keahlian SMK Yanisba Boarding School
Sesuai prinsip Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada umumnya, KTSP SMK dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut:
1.   Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Peserta didik memiliki posisi sentral, berarti segala kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik.
2.   Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.
3.   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum harus memberikan kegiatan pembelajaran peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.   Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Oleh karena itu, upaya pengembangan kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan kecakapan vokasional merupakan keniscayaan.
5.   Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarsemua jenjang pendidikan.
6.   Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7.   Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhinneka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  1. Berusaha mewujudkan lembaga pendidikan dan latihan yang berkwalitas dengan   acuan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yang diawali dengan mengupayakan agar sekolah dapat memenuhi Delapan Standar Nasional Pendidikan
  2. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi sumber daya manusia yang profesional, mempunyai kemampuan untuk mandiri  dan mampu mengisi formasi yang ada pada dunia usaha/ dunia industri/ pemerintah sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahliannya.
  3. Membekali peserta didik agar mempunyai kedisiplinan, keuletan dan  kegigihan dalam beradaptasi dan berkompetisi pada dunia kerja sesuai dengan bidang keahlian yang diminatinya.
  4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya dan seni agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

I.   Tujuan Program Keahlian Farmasi dan Teknik Komputer & Jaringan

       A.Program   Keahlian   Teknik   Komputer   dan   Jaringan   pada   SMK   Yanisba    
           Boarding School  bertujuan  untuk :
          1. Meningkatkan  keimanan dan  ketaqwaan  peserta  didik
          2. Mendidik  peserta didik  agar menjadi  warga negara  yang bertanggung Jawab
          3.Mendidik  peserta  didik  agar  dapat  menerapkan  hidup  sehat,  memiliki wawasan     pengetahuan   dan  seni
    4.  Mendidik peserta didik dengan  keahlian        dan       ketrampilan dalam program keahlian   Teknik  Komputer  dan  Jaringan,  agar  dapat  bekerja baik secara   mandiri atau     mengisi   pekerjaan yang ada di   DUDI sebagai  tenaga  kerja tingkat menengah.
   5. Mendidik  Peserta  didik  agar  mampu  memilih  karir,  berkompetisi  dan  
       mengembangkan   sikap  professional   dalam  program   keahlian   Teknik
       Komputer  dan  Jaringan.
   6. Membekali  peserta  didik  dengan  ilmu  pengetahuan  dan  keterampilan sebagai bekal bagi    yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

       B.Program   Keahlian   Farmasi   pada   SMK   Yanisba   
           Boarding School  bertujuan  untuk :

1.   Mendidik peserta didik dengan     keahlian        dan       ketrampilan dalam program keahlian   Teknik  Komputer  dan  Jaringan,  agar  dapat  bekerja baik secara   mandiri atau     mengisi   pekerjaan yang ada di   DUDI sebagai  tenaga  kerja tingkat menengah.
2.  Mendidik  Peserta  didik  agar  mampu  memilih  karir,  berkompetisi  dan  
       mengembangkan   sikap  professional   dalam  program   keahlian   farmasi.
     3. Membekali  peserta  didik  dengan  ilmu  pengetahuan  dan  keterampilan kefarmasian  
         sebagai bekal siswa dalam memenuhi tuntutan kerja kefarmasian

J. Program Boarding School (Pondok Pesantren Al-Birru)
Untuk mengoptimalkan transformasi keilmuan (Agama dan Umum), Siswa SMK Yanisba BS wajib mengikuti program Asrama/Pesantren (mondok) di dalam lingkungan sekolah yang langsung dibimbing oleh tenaga pengasuh khusus kepesantrenan. Program tersebut diselenggarakan di luar jam belajar SMK, sehingga siswa dapat leluasa menimba ilmu keagamaan dari para asatidz. Adapun program boarding ini bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten serang dan Provinsi Banten, dan kita namakan Pesantren Al-Birru.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SMK YANISBA BOARDING SCHOOL 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Ncep Januri | Published by Borneo Templates and Theme4all